'/> Apa Kegunaan Sejarah Berdasarkan Para Hebat Dalam Kehidupan Sehari-Hari ?

Info Populer 2022

Apa Kegunaan Sejarah Berdasarkan Para Hebat Dalam Kehidupan Sehari-Hari ?

Apa Kegunaan Sejarah Berdasarkan Para Hebat Dalam Kehidupan Sehari-Hari ?
Apa Kegunaan Sejarah Berdasarkan Para Hebat Dalam Kehidupan Sehari-Hari ?
Apa Kegunaan Sejarah Menurut Para Ahli Dalam Kehidupan Sehari-hari ? - Sejarah yaitu pengalaman masa lampau, oleh alasannya yaitu itu apabila dipelajari dengan baik dan benar akan banyak gunanya, banyak manfaatnya, serta mempunyai arti penting dalam kehidupan masyarakat. Banyak tokoh yang mengemukakan pendapatnya mengenai kegunaan sejarah, antara lain C.P. Hill (1956) yang menyatakan bahwa mempelajari sejarah banyak kegunaannya bagi penerima didik, antara lain:

1. secara unik sanggup memuaskan rasa ingin tahu wacana orang lain, wacana kehidupan para tokoh/pahlawan, perbuatan, dan cita-citanya dan juga sanggup membangkitkan kekaguman wacana kehidupan insan masa lampau,
2. melalui pengajaran sejarah sanggup dibandingkan kehidupan zaman kini dengan masa lampau,
3. melalui pengajaran sejarah sanggup diwariskan kebudayaan umat manusia,
4. lewat pengajaran sejarah di sekolah-sekolah sanggup membantu berbagi cinta tanah air di kalangan para siswa.

Hubungannya dengan pengajaran, Sartono Kartodirdjo (1992) menyampaikan bahwa sejarah mempunyai kegunaan genetis dan didaktis. Dengan pengetahuan sejarah dimaksudkan biar generasi diberikut sanggup mengambil nasihat dan pelajaran dari pengalaman nenek moyang. Di samping itu suri tauladan mereka sanggup menjadi model bagi keturunannya. Selanjutnya Nugroho Notosusanto (1979) mengungkapkan bahwa dengan mempelajari sejarah akan mempunyai wawasan sejarah. Dengan wawasan sejarah sanggup mengkonsepkan proses sejarah yang mempunyai kegunaan untuk mengantisipasi masa depan.

Dengan demikian mempelajari sejarah banyak kegunaannya/manfaatnya. Berikut ini yaitu 5 manfaat sejarah.

1. Memdiberikan Kesadaran Waktu


Kesadaran waktu yang dimaksud ialah kehidupan dengan segala perubahan, pertumbuhan, dan perkembangannya terus berjalan melewati waktu. Kesadaran itu dikenal juga sebagai kesadaran akan adanya gerak sejarah. Kesadaran tersebut memandang peristiwa-peristiwa sejarah sebagai sesuatu yang terus bergerak dari masa silam bermuara ke masa kini dan berlanjut ke masa depan.

2. Memdiberi Pelajaran


Sejarah memdiberikan pelajaran, sering kita mendengar ucapan:" belajarlah dari sejarah". Dengan mempelajari sejarah seseorang atau suatu bangsa, kita akan bercermin dan meskor peristiwa-peristiwa masa lampau yang merupakan keberhasilan/prestasi dan peristiwa-peristiwa masa lampau yang merupakan kegagalan. Peristiwa-peristiwa sejarah pada masa lampau, baik yang positif maupun negatif dijadikan hikmah. Untuk skor-skor positif yakni keberhasilan-keberhasilan kita pertahankan dan kita tingkatkan, sebaliknya untuk skor-skor negatif, kesalahan-kesalahan masa silam tidak terulang lagi. Dengan ini terang bahwa sejarah memdiberikan pelajaran yang sanggup memdiberikan kearifan dan kudang keringjaksanaan bagi yang mempelajarinya. Pepetah Jawa menyampaikan "mikul dhuwur mendem jero".

3. Sumber Inspirasi (Ilham)


Inspirasi berarti memdiberikan ide atau semangat yang berkaitan dengan pelajaran sejarah wacana semangat nasionalisme dan patriotisme. Dapat juga dikatakan sejarah berfungsi untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, cinta bangsa dan tanah air. Fungsi sejarah ini sangat disadari terutama dalam hal yang disebut nation building contohnya ingin melestarikan skor-skor usaha 1945 ibarat persatuan dan kesatuan, rela berkorban, berjuang tanpa pamrih, semangat bersama-sama dan sebagainya. Dengan demikian, mencar ilmu sejarah akan memperkukuh rasa kebangsaan, cinta bangsa, dan tanah air.

4. Memdiberikan Ketegasan Identitas Nasional dan Kepribadian Suatu Bangsa


Identitas nasional dan kepribadian suatu bangsa terbentuk dari keseluruhan pengalaman sejarah suatu bangsa tersebut. Oleh lantaran setiap bangsa mempunyai pengalaman sejarah yang berbeda-beda, maka bukti diri dan kepribadian suatu bangsa juga berbeda-beda. Itulah sebabnya, kepribadian seseorang atau suatu bangsa bersifat unik. Dengan mempelajari sejarah akan ludang keringh memperjelas bukti diri nasional dan kepribadian bangsa.

5. Memdiberikan Hiburan


Dengan mempelajari sejarah yang indah dan menarik wacana suatu tokoh atau peristiwa, maka akan memperoleh hiburan. Dengan mempelajari kisahkisah sejarah di daerah yang jauh, di negara-negara lain, maka seperti kita bertamasya dan memdiberikan kepuasan dalam bentuk "pesona perlawatan". Fungsi pengajaran sejarah juga terlihat dari ungkapan Latin "historia magistra vitae" yang artinya "sejarah guru kehidupan". Frederic Harrison secara komplit menyatakan bahwa sejarah : "mengajarkan kepada kita sesuatu wacana kemajuan umat manusia, bahwa sejarah itu menceritakan kepada kita beberapa semangat luhur yang meninggalkan jejak-jejaknya sepanjang masa, bahwa sejarah itu menawarkan kepada kita bagaimana bangsa-bangsa di muka bumi ini saling berjalin dalam satu tujuan dan mempunyai tujuan-tujuan mulia yang telah memancarkan kesadaran kemanusiaan". Dengan demikian sejarah mempunyai arti dan peranan yang penting dalam kehidupan masyarakat.
Advertisement

Iklan Sidebar