'/> Pengertian Norma Dan Norma Sosial

Info Populer 2022

Pengertian Norma Dan Norma Sosial

Pengertian Norma Dan Norma Sosial
Pengertian Norma Dan Norma Sosial
Pengertian Norma dan Norma Sosial - Pada jam istirahat sekolah, ada seorang siswa memmenghilangkan bungkus permen di koridor sekolah. Tindakan itu menerima teguran dari guru dan siswa tersebut disuruh mengambil, serta memmenghilangkan bungkus permen itu ke kawasan sampah. Cerita tersebut merupakan pola sederhana adanya norma dalam masyarakat. 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (kbbi) :

norma /nor·ma/ n adalah

1. aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, digunakan sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laris yang sesuai dan berterima: setiap warga masyarakat harus menaati -- yang berlaku; 

2 aturan, ukuran, atau kaidah yang digunakan sebagai tolok ukur untuk mepenilaian atau memperbandingkan sesuatu;
-- agama aturan yang menata tindakan insan dalam pergaulan dengan sesamanya yang bersumber pada anutan agamanya; 
-- sosial aturan yang menata tindakan insan dalam pergaulan dengan sesamanya; 
-- sopan santun aturan yang menata tindakan insan dalam pergaulan sosial sehari-hari, menyerupai pergaulan antara laki-laki dan wanita



Norma memberikansi petunjuk-petunjuk untuk hidup, di mana di dalamnya terdapat perintah atau larangan bagi setiap insan untuk berperilaku sesuai dengan aturan yang ada, sehingga tercipta sebuah kondisi yang disebut keteraturan atau ketertiban.

Norma juga ditidak ada yang kurangi dengan terhukum-terhukum yang dimaksudkan untuk mendorong bahkan menekan individu maupun kelompok atau masyarakat secara keseluruhan untuk mencapai penilaian-penilaian sosial.

Jadi, sanggup ditegaskan bahwa norma sosial ialah aturan-aturan dengan terhukum-terhukum sebagai pedoman untuk melangsungkan kekerabatan sosial dalam masyarakat yang memberikansi perintah, larangan, ajuan biar seseorang sanggup bertingkah laris yang pantas guna membuat ketertiban, keteraturan, dan kedamaian dalam bermasyarakat. Dalam memmemberikankan terhukum bagi pelanggaran terhadap norma, ada banyak sekali cara tergantung pada tingkatan norma mana yang dilanggar.

Nilai dan norma sosial merupakan dua hal yang saling berkaitan walaupun keduanya sanggup dibedakan. Bagaimanakah kekerabatan antara evaluasi dan norma sosial? Nilai merupakan sesuatu yang baik, diinginkan, dicita-citakan, dan dianggap penting oleh masyarakat, sedangkan norma merupakan kaidah atau aturan berbuat dan berkelakuan yang dibenarkan untuk mewujudkan impian itu. Singkatnya, apabila evaluasi merupakan pola sikap yang diinginkan, maka norma sanggup disebut sebagai cara-cara sikap sosial yang disetujui untuk mencapai evaluasi tersebut.
Advertisement

Iklan Sidebar