'/> Panduan Bk Sma 2016 Revisi Selesai Ditjen Gtk

Info Populer 2022

Panduan Bk Sma 2016 Revisi Selesai Ditjen Gtk

Panduan Bk Sma 2016 Revisi Selesai Ditjen Gtk
Panduan Bk Sma 2016 Revisi Selesai Ditjen Gtk
- Silahkan untuk Bapak/Ibu Konselor yang kebetulan mengajar di jenjang Sekolah Menengan Atas Sederajat, kini telah hadir dan kami bagikan secara gratis Panduan BK Sekolah Menengan Atas 2016 Revisi Final dari DITJEN GTK dalam format PDF.

Ini sanggup dijadikan penunjang dan panduan dalam membuatkan serta berhasilnya Program Kerja BK Sekolah Menengan Atas serta makin jelasnya eksistensi dan Tupoksi BK di Sekolah. Maka dari itu segera dimiliki untuk dibaca lebih dalam lagi mengenai file didalamnya.

Sebelum ini mungkin yang diliris itu yaitu Permendikbud No.111 Tahun 2014 wacana Bimbingan dan Konseling, sebagai gantinya gres diliris kembali kini ini eksklusif dari DITJEN GTK. Panduan ini berisi pemahaman karakteriktik akseptor didik, perencanaan kegiatan bimbingan dan konseling, pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, dan penilaian pelaporan serta tindak lanjut.


Ibu Konselor yang kebetulan mengajar di jenjang Sekolah Menengan Atas Sederajat Panduan BK Sekolah Menengan Atas 2016 Revisi Final DITJEN GTK

Adapun untuk daftar isi dari file ini diantaranya :

BAB I PENDAHULUAN 1

A. Rasional
B. Dasar Hukum
C. Hakekat Bimbingan dan Konseling
D. Tujuan
E. Pengguna

BAB II PEMAHAMAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK/KONSELI

A. Karakteritik Peserta Didik/Konseli
1. Aspek Fisik
2. Aspek Kognitif
3. Aspek Sosial
4. Aspek Emosi
5. Aspek Moral
6. Aspek Religius

B. Tugas Perkembangan Peserta Didik/Konseli SMA
C. Keterkaitan Tugas Perkembangan dan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik
D. Teknik-teknik Pemahaman Peserta Didik/Konseli

1. Teknik Tes
2. Teknik Non Tes

E. Pemanfaatan Data Hasil Asesmen untuk Memahami Peserta Didik/Konseli

BAB III PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING

A. Tahap Persiapan (Planning) Perencanaan Program 
1. Melakukan asesmen kebutuhan 
2. Mendapatkan sumbangan pimpinan dan komite sekolah 
3. Menetapkan dasar perencanaan layanan 

B. Tahap Perancangan ( Designing) 
1. Penyusunan Program Tahunan Bimbingan dan Konseling 
2. Penyusunan Program Semesteran Bimbingan dan Konseling 

BAB IV PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING 

A. Ruang Lingkup dan Pelaksana Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas

B. Layanan Langsung 
1. Konseling Individual 
2. Konseling Kelompok 
3. Bimbingan kelompok 
4. Bimbingan Klasikal 
5. Bimbingan Kelas Besar/Lintas Kelas 
6. Konsultasi 
7. Kolaborasi 
8. Alih Tangan Kasus 
9. Kunjungan Rumah 
10.Layanan Advokasi 
11.Konferensi Kasus 

C. Layanan Melalui Media 
1. Papan Bimbingan 
2. Kotak Masalah 
3. Leaflet 
4. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling 

D. Peminatan Peserta didik/konseli
1. Pengertian
2. Tujuan
3. Langkah-langkah
4. Waktu Penetapan Peminatan
5. Tugas dan Tanggung Jawab Para Pihak terkait

E. Kegiatan Administrasi 88
1. Pelaksanaan dan Tindak lanjut Assesmen Kebutuhan
2. Penyusunan dan Pelaporan Program Bimbingan dan Konseling
3. Pelaksanaan Administrasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling

F. Kegiatan Tambahan dan Pengembangan Keprofesian Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor
1. Kegiatan Tambahan 
2. Keprofesian Guru bimbingan dan konseling atau konselor 

BAB V EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT 
A. Evaluasi 
1. Pengertian Evaluasi 
2. Tujuan Evaluasi 
3. Jenis Evaluasi 
4. Langkah-langkah Evaluasi 
5. Kriteria Keberhasilan Program 

B. Pelaporan 
1. Pengertian 
2. Tujuan 
3. Langkah-langkah Penyusunan Laporan 
4. Sistematika Laporan 

C. Tindak Lanjut 
1. Pengertian  Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas 
2. Tujan 
3. Langkah-langkah Tindak Lanjut 

BAB VI PENUTUP 
DAFTAR PUSTAKA 
LAMPIRAN

Untuk lebih yakin dan jelasnya lagi mengenai file ini, silahkan di Download saja melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini :
  • Download Panduan BK Sekolah Menengan Atas 2016 Revisi Final DITJEN GTK
Advertisement

Iklan Sidebar