- Bagi Anda yang kebetulan mencari dan ingin mencoba menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang baik dan benar, kebetulan sekali kami bagikan secara lengkap Panduan Menyusun Proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Mudah yang mungkin bisa dijadikan latihan.
Secara singkat kami uraikan apa saja yang harus ada dalam menciptakan ajuan penelitian tindaka kelas.. silahkan disimak...!!
1. Judul Penelitian
Apakah judul PTK Anda telah mencantumkan hal –hal berikut:
Apakah duduk kasus yang Anda deskripsikan telah memuat hal –hal sebagai berikut?
Apakah pemecahan duduk kasus yang Anda ejekan memenuhi rambu –rambu berikut?
Apakah rumusan hasil yang diperlukan dalam penelitian Anda telah memuat hal –hal sebagai berikut:
Apakah dalam deskripsi wacana mekanisme tindakan telah Anda kemukakan hal –hal sebagai berikut :
Berikut ini tampilan Gambar dari Contoh format Pengamatan Siswa
Contoh Format Pengamatan Kegiatan Belajar Mengajar
Secara singkat kami uraikan apa saja yang harus ada dalam menciptakan ajuan penelitian tindaka kelas.. silahkan disimak...!!
Identifikasi Masalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
- Kemukakanlah duduk kasus –masalah atau hambatan - hambatan yang Anda hadapi saat melakukan acara belajar–mengajar mata pelajaran yang diberikan kepada siswa (berkaitan dengan penggunaan media, strategi, model, lingkungan belajar, sistem penilaian, implementasi kurikulum)!
- Pilihlah salah satu duduk kasus yang menuntut Anda mendesak !
- Berikan alasan mengapa duduk kasus tersebut penting untuk segera dicarikan pemecahannya!
- Analisislah penyebab munculnya duduk kasus yang Anda rumuskan tersebut
- Dapatkanlah satu alternative pemecahan duduk kasus untuk memecahkan duduk kasus urgent yang Anda hadapi tersebut! Alternatif pemecahan duduk kasus itu haruslah bertolak dari hasil analisis dan didasarkan pada TEORI tertentu
Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas
Dalam menulis Proposal Penelitian Tindakan Kelas ada beberapa Hal yang harus diperhatikan diantaranya :1. Judul Penelitian
Apakah judul PTK Anda telah mencantumkan hal –hal berikut:
- Tujuan/tindakan
- Cara menuntaskan duduk kasus (solusi)
- Tempat penelitian dilaksanankan (seting)
Apakah duduk kasus yang Anda deskripsikan telah memuat hal –hal sebagai berikut?
- Apakah deskripsi maslah telah diadaptasi dengan kondisi konkret wacana kendala–kendala yang Anda hadapai sewaktu melakukan KBM dengan menerapkan taktik pengajaran dan pembelajaran kontekstual?
- Apakah deskripsi duduk kasus telah memuat identifikasi satu duduk kasus yang mendesak untuk segera dilaksanakan?
- Apakah deskripsi duduk kasus telah memuat wacana hasil analisis masalah?
- Apakah deskripsi maslah telah memuat wacana refleksi awal?
- Bagaimana perumusan masalah?
Apakah pemecahan duduk kasus yang Anda ejekan memenuhi rambu –rambu berikut?
- Apakah ada alternative pemecahan masalah?
- Apakah alternative pemecahan duduk kasus itu didasarkan teori tertentu?
- Apakah alternative pemecahan duduk kasus itu bertolak dari hasil analisis?
Apakah rumusan hasil yang diperlukan dalam penelitian Anda telah memuat hal –hal sebagai berikut:
- Apakah rumusan hasil yang diperlukan telah mengemukakan hasil yang diperlukan bagi siswa?
- Apakah rumusan hasil yang diperlukan telah mengemukakan hasil yang diperlukan bagi praktisi?
Apakah dalam deskripsi wacana mekanisme tindakan telah Anda kemukakan hal –hal sebagai berikut :
- Apakah ada deskripsi wacana setting dan karakteristik subjek?
- Apakah ada variable/factor yang diselidiki?
- Apakah ada planning tindakan yang meliputi contohnya scenario pembelajaran, implementasi tindakan, observasi, dan evaluasi, analisis, dan refleksi?
6. Lokasi penelitian Anda!
7. Personil tim peneliti Anda
- Ketua Tim Peneliti
- Nama lengkap
- Jenis kelamin
- NIP
- Pangkat/Gol
Contoh format Pengamatan Siswa dalam Penelitian Tindakan Kelas |
Contoh Format Pengamatan Kegiatan Belajar Mengajar dalam PTK |
Rambu Rambu Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas
A. Judul : singkat, spesifik, menawarkan citra masalah,tindakan, hasil, dan lokasi, maksimal 15 kata
B. Bab I Pendahuluan :
- Latar belakang; berisi wacana hal yang terjadi di sekolah, bersifat penting, bersifat mendesak, sanggup dilakukan, terang masalahnya atau berupa kondisi ideal, kondisi nyata, gap kondisi ideal dan kondisi konkret serta pemecahan masalah
- Rumusan masalah; kalimat tanya yang berisi wacana : asumsi, lingkup penelitian, alternatif tindakan, indikator keberhasilan, dan cara penyelesaian masalah.
- Pemecahan masalah/identifikasi masalah; berisi wacana uraian alternatif tindakan menurut prioritas tindakan pemecahan masalah.
- Tujuan; berisi tujuan umum, tujuan khusus atau cukup tujuan berisi wacana tujuan yang sanggup diukur ketercapaiannya.
- Manfaat; berupa manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau komponen yang terkait. lebih baik kemukakan hal yang berupa inovasi.
Berisi wacana teori yang mendasari penelitian, kajian teori mengungkap wacana : What (apa) berupa definisi atau pengertian, Who ( siapa) berupa siapa penemu atau pendapat siapa, Why ( mengapa) mengapa teori itu ada, How ( bagaimana) teori itu dipakai atau hasil penelitian terdahulu (yang telah dilakukan orang lain)
D. Bab III Metode Penelitian
- Seting penelitian; berisi wacana lokasi sekolah, kelas berapa, jumlah siswa, komposisi siswa, situasi lingkungan siswa, berapa usang penelitian dilakukan (sebutkan antara waktu)
- Indikator keberhasilan; berisi berupa indikator keberhasilan yang menjadi pola keberhasilan dalam setiap tindakan, berupa gradasi menyerupai : 80-100 : sangat berhasil, 60-79 : berhasil, 40-59 : cukup berhasil, 20- 39 : kurang berhasil, 0-19 : tidak berhasil. Kalau kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan Minimal bisa dijadikan sebagai acuan
- Gambaran umum penelitian (siklus tindakan) ; berisi tindakan tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa : acara perencanaan, acara pelaksanaan, acara pengamatan serta acara refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa dijadikan pola untuk perencanaan tindakan pada siklus kedua dan seterusnya.
- Instrumen yang digunakan, pedoman observasi, alat perekam dll
E. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
Berisi hasil pengamatan dari observer, analisis data dan refleksi dari acara dalam setiap siklus. Hasil refleksi merupakan planning tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan guru dan acara siswa.
F. Bab V
Kesimpulan dan Saran Berisi kesimpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi)
Bagi yang membutuhkan Panduan Menyusun Proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas) gampang bisa didapatkan melalui tautan link yang kami bagikan DISINI
Berisi hasil pengamatan dari observer, analisis data dan refleksi dari acara dalam setiap siklus. Hasil refleksi merupakan planning tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan guru dan acara siswa.
F. Bab V
Kesimpulan dan Saran Berisi kesimpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi)
Bagi yang membutuhkan Panduan Menyusun Proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas) gampang bisa didapatkan melalui tautan link yang kami bagikan DISINI
Advertisement