Berikut ini salah satu materi training Implementasi Kurikulum 2013 yang harus dikuasai oleh guru yang akan mengimplementasikan Kurikulum 2013, Dijadikannya sebagai salah satu model pembelajaran yang diharapkan sanggup diimplemntasikan dalam Kurikulum 2013, alasannya Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL) betul-betul menuntut keaktifan siswa, sanggup memmemberikankan pengalaman eksklusif serta menuntut pembelajaran yang tidak terbatas hanya sebagai pengetahuan belaka. Apa tiruana materi pembelajaran memakai model Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL)? Tentunya tidak. Guru harus sanggup menentukan sesuai karakteristik materi model pembeljaran tersebut dan karakteristik materi yang akan diajarkan. Untuk memahami karakteristik Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL) silahkan simak klarifikasi memberikankut yang dikutip dari buku training Implementasi Kurikulum 2013
=================================================
=================================================
A. Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Proyek ialah kiprah yang kompleks, berdasarkan tema yang menan tang, yang melibatkan siswa dalam mendesain, memecahkan masalah, mengambil keputusan, atau kegiatan investigasi; memmemberikankan kesempatan kepada siswa untuk bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan dalam menghasilkan produk (Thomas, Mergendoller, and Michaelson, 1999).
Proyek terurai menjadi beberapa jenis. Stoller (2006) mengemukakan tiga jenis proyek berdasarkan sifat dan urutan kegiatannya, yaitu: (1) proyek terstruktur, ditentukan dan diatur oleh guru dalam hal topik, bahan, metodologi, dan presentasi; (2) proyek tidak terstruktur didefinisikan terutama oleh siswa sendiri; (3) proyek semi-terstruktur yang didefinisikan dan diatur sebagian oleh guru dan sebagian oleh siswa.
Memperluas pengertian di atas Stoller (2006), mendefinisikan Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai pembelajaran yang memakai Proyek sebagai media dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penekanan pembela -jaran terletak pada aktivitas-aktivitas siswa untuk menghasilkan produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, hingga dengan mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata. Produk yang dimaksud ialah hasil Proyek berupa barang atau jasa dalam bentuk desain, skema, karya tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain. Melalui penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek, siswa akan memperlancar merencanakan, melaksanakan kegiatan sesuai planning dan menampilkan atau melaporkan hasil kegiatan.
Bentuk kegiatan proyek terdiri dari (1) Proyek produksi yang meli batkan penciptaan menyerupai buletin, video, acara radio, poster, laporan tertulis, esai, foto, surat-surat, buku panduan, brosur, menu banquet, jadwal perjalanan, dan sebagainya; (2) Proyek kinerja menyerupai pementasan, presentasi lisan, pertunjukan teater, pekan raya kuliner atau fashion show ; (3) Proyek organisasi menyerupai pembentukan klub, kelompok disku-si, atau program-mitra percakapan. Ludang kecepeh lanjut, berdasarkan Fried-Booth (2002) ada dua jenis proyek yaitu (1) Proyek skala kecil atau sederhana yang hanya menghabiskan dua atau tiga pertemuan. Proyek ini hanya dilakukan di dalam kelas; (2) Proyek skala penuh yang membutuhkan kegiatan yang rumit di luar kelas untuk menyelesaikannya dengan rentang waktu ludang kecepeh panjang.
Pengertian metode atau Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning = PBL) adalah metode pembelajaran yang memakai proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melaksanakan eksplorasi, pepenilaianan, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan aneka macam bentuk hasil belajar.
Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning=PBL) yang ialah model atau metode berguru yang memakai duduk masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata. Pembelajaran Berbasis Proyekdirancang untuk dipakai pada permasalahan komplek yang diharapkan penerima didik dalam melaksanakan insvestigasi dan memahaminya.
Contoh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL) |
Mengingat bahwa masing-masing penerima didik mempunyai gaya berguru yang berbeda, maka Pembelajaran berbasis proyekmemmemberikankan kesempatan kepada para penerima didik untuk menggali konten (materi) dengan memakai aneka macam cara yang berpengertian dan klarifikasi bagi dirinya, dan melaksanakan eksperimen secara kolaboratif. Pembelajaran Berbasis Proyekmerupakan pemeriksaan mendalam perihal sebuah topik dunia nyata, hal ini akan berharga bagi atensi dan perjuangan penerima didik.
Pembelajaran berbasis proyek dapat dikatakan sebagai operasionalisasi konsep “Pendidikan Berbasis Produksi” yang dikembangkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sekolah Menengah kejuruan sebagai institusi yang berfungsi untuk menyiapkan lulusan untuk bekerja di dunia perjuangan dan industri harus sanggup membekali penerima didiknya dengan “kompetensi tersesuai ketentuan” yang dibutuhkan untuk bekerja dibidang masing-masing. Dengan pembelajaran “berbasis produksi” penerima didik di Sekolah Menengah kejuruan diperkenalkan dengan suasana dan pengertian dan klarifikasi kerja yang tolong-menolong di dunia kerja. Dengan demikian model pembelajaran yang cocok untuk Sekolah Menengah kejuruan ialah pembelajaran berbasis proyek.
Pembelajaran Berbasis proyekmemiliki karakteristik sebagai memberikankut:
· peserta didik membuat keputusan perihal sebuah kerangka kerja
· adanya permasalahan atau tantangan yang diajukan kepada penerima didik
· peserta didik mendesain proses untuk menentukan solusi atas permasalahan atau tantangan yang diajukan
· peserta didik secara kolaboratif bertanggungtpendapat untuk mengakses dan mengelola informasi untuk memecahkan permasalahan
· proses memperbaiki dijalankan secara kontinyu
· peserta didik secara terpola melaksanakan refleksi atas kegiatan yang sudah dijalankan
· produk final kegiatan berguru akan dimemperbaiki secara kualitatif, dan
· situasi pembelajaran sangat toleran terhadap kesalahan dan perubahan.
Peran seorang guru atau guru dalam Pembelajaran berbasis proyeksebaiknya sebagai fasilitator, pelatih, pesaran dan mediator untuk mendapat hasil yang optimal sesuai dengan daya imajinasi, ciptaan dan penemuan dari siswa. Adapun beberapa gangguan dan aral dalam implementasi metode Pembelajaran Berbasis Proyek antara lain memberikankut ini.
· Pembelajaran berbasis proyek memerlukan banyak waktu yang harus disediakan untuk menuntaskan permasalahan yang komplek.
· Banyak orang renta penerima didik yang merasa dirugikan, alasannya menambah biaya untuk memasuki system baru.
· Banyak seorang guru merasa nyaman dengan kelas tradisional ,dimana seorang guru memegang kiprah utama di kelas. Ini merupakan suatu transisi yang tidak ringan dan sepele, terutama bagi seorang guru yang kurang atau tidak menguasai teknologi.
· Banyaknya peralatan yang harus disediakan, sehingga kebutuhan listrik bertambah.
Untuk itu disarankan memakai team teaching dalam proses pembelajaran, dan akan ludang kecepeh menarik lagi kalau suasana ruang berguru tidak terus menerus, beberapa pola perubahan lay-out ruang kelas, seperti: traditional class (teori), discussion group (pembuatan konsep dan pembagian kiprah kelompok), lab tables (saat mengerjakan kiprah mandiri), circle (presentasi). Atau buatlah suasana berguru menyenangkan, bahkan ketika diskusi sanggup dilakukan di taman, artinya berguru tidak harus dilakukan di dalam ruang kelas.
Berdasarkan urian diatas sanggup disimpulan bahwa Pembelajaran Berbasis Projek (PBP) ialah kegiatan pembelajaran yang memakai projek/kegiatan sebagai proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas-aktivias penerima didik untuk menghasilkan produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, hingga dengan mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata. Produk yang dimaksud ialah hasil projek dalam bentuk desain, skema, karya tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain. Pendekatan ini memperkenankan pesera didik untuk bekerja secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri maupun berkelompok dalam menghasilkan produk nyata.
B. Keludang kecepehan dan Kekurangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Keludang kecepehan dan kekurangan pada penerapan Pembelajaran Berbasis Proyekdapat dijelaskan sebagai memberikankut.
- Meningkatkan motivasi berguru penerima didik untuk belajar, mendorong kemampuan mereka untuk melaksanakan pekerjaan penting, dan mereka perlu untuk dihargai.
- Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
- Membuat penerima didik menjadi ludang kecepeh aktif dan berhasil memecahkan problem-problem yang kompleks.
- Meningkatkan kolaborasi.
- Mendorong penerima didik untuk membuatkan dan mempraktikkan keterampilan komunikasi.
- Meningkatkan keterampilan penerima didikdalam mengelola sumber.
- Memmemberikankan pengalaman kepada penerima didik pembelajaran dan praktik dalam mengorganisasi proyek, dan membuat alokasi waktu dan sumber-sumber lain menyerupai pertidak ada yang kurangan untuk menuntaskan tugas.
- Menyediakan pengalaman berguru yang melibatkan penerima didik secara kompleks dan dirancang untuk berkembang sesuai dunia nyata.
- Melibatkan para penerima didik untuk berguru mengambil informasi dan memperlihatkan pengetahuan yang dimiliki, kemudian diimplementasikan dengan dunia nyata.
- Membuat suasana berguru menjadi menyenangkan, sehingga penerima didik maupun pendidik menikmati proses pembelajaran.
Meteri Membuat Laporan Pengamatan di Sekolah Menengah Pertama sanggup diterapkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL) |
- Memerlukan banyak waktu untuk menuntaskan masalah.
- Membutuhkan biaya yang cukup banyak.
- Banyak seorang guru yang merasa nyaman dengan kelas tradisional, di mana seorang guru memegang kiprah utama di kelas.
- Banyaknya peralatan yang harus disediakan.
- Peserta didik yang mempunyai kelemahan dalam percobaan dan pengumpulan informasi akan mengalami ketidak ringan dan sepelean.
- Ada kemungkinanpeserta didikyang kurang aktif dalam kerja kelompok.
- Knorma dan sopan santun topik yang dimemberikankan kepada masing-masing kelompok berbeda, dikhawatirkan penerima didik tidak bisa memahami topik secara keseluruhan
Untuk mengatasi kelemahan dari pembelajaran berbasis proyek di atas seorang pendidik harus sanggup mengatasi dengan cara memfasilitasi penerima didik dalam menghadapi masalah, membatasi waktu penerima didik dalam menuntaskan proyek, meminimalis dan menyediakan peralatan yang sederhana yang terdapat di lingkungan sekitar, menentukan lokasi penelitian yang memperringan dan sepele dijangkau sehingga tidak membutuhkan banyak waktu dan biaya, membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga seorang guru dan penerima didik merasa nyaman dalam proses pembelajaran.
Meteri Membuat Naskah Peraturan sanggup diterapkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL) |
Pembelajaran berbasis proyek ini juga menuntut siswa untuk membuatkan keterampilan menyerupai kerja sama dan refleksi. Menurut studi penelitian, Pembelajaran berbasis proyek membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan sosial mereka, sering mengakibatkan bolossi berkurang dan ludang kecepeh sedikit duduk masalah disiplin di kelas. Siswa juga menjadi ludang kecepeh percaya diri berbicara dengan kelompok orang, termasuk orang dewasa.
Pelajaran berbasis proyek juga meningkatkan antusiasme untuk belajar. Knorma dan sopan santun belum dewasa bersemangat dan antusias perihal apa yang mereka pelajari, mereka sering mendapat ludang kecepeh banyak terlibat dalam subjek dan kemudian memperluas minat mereka untuk mata pelajaran lainnya. Antusias penerima didik cenderung untuk mempertahankan apa yang mereka pelajari, bukan melupakannya secepat mereka telah lulus tes.
C. Prinsip-prinsip Pembelajaran pada Pembelajaran Berbasis Proyek
Prinsip-prinsip Pembelajaran Berbasis Proyek ialah sebagai memberikankut.
a. Pembelajaran berpusat pada siswa yang memakai tugas-tugas proyek pada kehidupan faktual untuk memperkaya pembelajaran.
b. Tugas Proyek menekankan pada kegiatan penyelesaian proyek berasarkan suatu tema atau topik yang telah ditentukan dalam pembelajaran.
c. Tema atau topik yang dibelajarkan sanggup dikembangkan dari suatu kompetensi dasar tertentu atau adonan beberapa kompetensi dasar dalam suatu mata pelajaran, atau adonan beberapa kompetensi dasar antar mata pelajaran. Oleh alasannya itu, kiprah proyek dalam satu semester dibolehkan hanya satu penugasan dalam suatu mata pelajaran.
d. Penyelidikan atau eksperimen dilakukan secara otentik dan menghasilkan produk nyata. Produk tersebut selanjutnya dikomunikasikan untuk mendapat tpendapat dan umpan balik untuk perbaikan produk.
e. Pembelajaran dirancang dalam pertemuan tatap muka dan kiprah sanggup bangkit diatas kaki sendiri dalam fasilitasi dan monitoring oleh guru. Pertemuan tatap muka sanggup dilakukan di awal pada langkah penentuan proyek dan di final pembelajaran pada penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek, serta memperbaiki proses dan hasil proyek
D. Langkah langkah terlaksanakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Langkah langkah terlaksanakan Pembelajaran Berbasis Proyek sanggup dijelaskan dengan diagram sebagai memberikankut.
Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) sebagai memberikankut.
1. Penentuan pertanyaan fundamental (Start With the Essential Question).
Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan esensial, yaitu pertanyaan yang sanggup memmemberikan penugasan penerima didik dalam melaksanakan suatu aktivitas. Mengambil topik yang sesuai dengan realitas dunia faktual dan dimulai dengan sebuah pemeriksaan mendalam. Pengajar berusaha semoga topik yang diangkat relevan untuk para penerima didik.
2) Mendesain perencanaan proyek (Design a Plan for the Project.
Perencanaan dilakukan secara kolaboratif antara pengajar dan penerima didik. Dengan emikian penerima didik diharapkan akan merasa “memiliki” atas proyek tersebut. Perencanaan memberikansi perihal hukum main, pemilihan kegiatan yang sanggup mendukung dalam mentpendapat pertanyaan esensial, dengan cara mengintegrasikan aneka macam subjek yang mungkin, serta mengetahui alat dan materi yang sanggup diakses untuk membantu penyelesaian proyek.
3. Menyusun jadwal (Create a Schedule)
Pengajar dan penerima didik secara kolaboratif menyusun jadwal kegiatan dalam menuntaskan proyek. Aktivitas pada tahap ini antara lain: (1) membuat timeline untuk menuntaskan proyek, (2) membuat deadline penyelesaian proyek, (3) membawa penerima didik semoga merencanakan cara yang baru, (4) membimbing penerima didik knorma dan sopan santun mereka membuat cara yang tidak berafiliasi dengan proyek, dan (5) meminta penerima didik untuk membuat klarifikasi (alasan) perihal pemilihan suatu cara.
4. Memonitor penerima didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)
Pengajar bertanggungtpendapat untuk melaksanakan monitor terhadap kegiatan penerima didik selama menuntaskan proyek. Monitoring dilakukan dengan cara menfasilitasi penerima didik pada setiap roses. Dengan kata lain pengajar berperan menjadi mentor bagi kegiatan penerima didik. Agar mempermemperringan dan sepele proses monitoring, dibentuk sebuah rubrik yang sanggup merekam keseluruhan kegiatan yang penting.
5. Menguji hasil (Assess the Outcome)
Pepenilaianan dilakukan untuk membantu pengajar dalam mengukur ketercapaian sesuai ketentuan, berperan dalam mengmemperbaiki kemajuan masing- masing penerima didik, memmemberikan umpan balik perihal tingkat pemahaman yang sudah dicapai penerima didik, membantu pengajar dalam menyusun taktik pembelajaran memberikankutnya.
6. Mengmemperbaiki pengalaman (Evaluate the Experience)
Pada final proses pembelajaran, pengajar dan penerima didik melaksanakan refleksi terhadap kegiatan dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Proses refleksi dilakukan baik secara individu maupun kelompok. Pada tahap ini penerima didik diminta untuk mengungkapkan perasaan dan pengalamanya selama menuntaskan proyek. Pengajar dan penerima didik membuatkan diskusi dalam rangka memperbaiki kinerja selama proses pembelajaran, sehingga pada hasilnya ditemukan suatu temuan gres (new inquiry) untuk mentpendapat permasalahan yang diajukan pada tahap pertama pembelajaran.
Tabel . Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Projek
Langkah-langkah | Deskripsi |
Langkah -1 Penentuan projek | Guru bersama dengan penerima didik menentukan tema/topik projek |
Langkah -2 Perancangan langkah-langkah penyelesaian projek | Guru memfasilitasi Peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian projek beserta pengelolaannya |
Langkah -3 Penyusunan jadwal terlaksanakan projek | Guru memmemberikankan pendampingan kepada penerima didik melaksanakan penjadwalan tiruana kegiatan yang telah dirancangnya |
Langkah -4 Penyelesaian projek dengan fasilitasi dan monitoring guru | Guru memfasilitasi dan memonitor penerima didik dalam melaksanakan rancangan projek yang telah dibuat |
Langkah -5 Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil projek | Guru memfasilitasi Peserta didik untuk mempre-sentasikan dan mempublikasikan hasil karya |
Langkah -6 Evaluasi proses dan hasil projek | Guru dan penerima didik pada final proses pembe-lajaran melaksanakan refleksi terhadap kegiatan dan hasil kiprah projek |
E. Tujuan Pembelajaran Berbasis Proyek
Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan metode pembelajaran yang berserius pada siswa dalam kegiatan pemecahan duduk masalah terkait dengan Proyek dan tugas-tugas berpengertian dan klarifikasi lainnya. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek sanggup memmemberikan peluang pada siswa untuk bekerja, mengkonstruk kiprah yang dimemberikankan guru yang pada puncaknya sanggup menghasilkan produk karya siswa.
Tujuan Pembelajaran Berbasis Proyek ialah sebagai memberikankut.
a. Memperoleh pengetahuan dan ketrampilan gres dalam pembelajaran;
b. Meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan duduk masalah proyek;
c. Membuat siswa ludang kecepeh aktif dalam memecahkan duduk masalah proyek yang kompleks dengan hasil produk faktual berupa barang atau jasa;
d. Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan ssiwa dalam mengelola sumber/bahan/alat untuk menuntaskan tugas/proyek; dan
e. Meningkatkan kerja sama siswa khususnya pada Pembelajaran Ber basis Proyek yang bersifat kelompok.
Pembelajaran Berbasis Proyek mempunyai keludang kecepehan dalam hal: (1) meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, mendorong kemampuan mereka melaksanakan pekerjaan penting, (2) meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah, (3) mengakibatkan siswa ludang kecepeh aktif dan berhasil memecahkan masalah-masalah yang kompleks, (4) meningkatkan kolaborasi, (5) mendorong siswa untuk membuatkan dan mempraktikan keterampilan komunikasi, (6) memmemberikankan pengalaman kepada siswa dalam mengorganisasi suatu Proyek, menentukan alokasi waktu dan memanfaatkan sumber-sumber yang ada untuk menuntaskan tugas, dan (7) menyediakan pengalaman berguru siswa mengambil informasi dan memperlihatkan pengetahuan yang dimiliki, kemudian mengimplementasikannya di dunia nyata.
F. Peran guru dan penerima didik dalam terlaksanakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Peran guru dan penerima didik dalam terlaksanakan Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai memberikankut.
1) Peran Guru
Merencanakan dan mendesain pembelajaran.
Membuat taktik pembelajaran.
Membayangkan interaksi yang akan terjadi antara guru dan siswa.
Mencari keunikan siswa.
Mepenilaian siswa dengan cara transparan dan aneka macam macam pepenilaianan.
Membuat portofolio pekerjaan siswa.
Meteri perakitan PC di Sekolah Menengah kejuruan sanggup diterapkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning / PBL) |
2) Peran Peserta Didik
Menggunakan kemampuan bertanya dan berpikir.
Melakukan riset sederhana.
Mempelajari ilham dan konsep baru.
Belajar mengatur waktu dengan baik.
Melakukan kegiatan berguru sendiri/kelompok.
Mengaplikasikanhasil berguru lewat tindakan.
Melakukan interaksi sosial (wawancara, survey, observasi, dll).
E. Sistem Pepenilaianan dalam terlaksanakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Pepenilaianan pembelajaran dengan metoda Pembelajaran berbasis proyek harus diakukan secara menyeluruh terhadap sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek. Pepenilaianan pembelajaran berbasis proyek sanggup memakai teknik pepenilaianan yang dikembangkan oleh Pusat Pepenilaianan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu pepenilaianan proyek atau pepenilaianan produk. Pepenilaianan tersebut sanggup dijelaskan sebagai memberikankut.
1) Pepenilaianan Proyek
a) Pengertian Pepenilaianan proyek
Pepenilaianan proyek merupakan kegiatan pepenilaianan terhadap suatu kiprah yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu pemeriksaan semenjak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data. Pepenilaianan proyek sanggup dipakai untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan dan kemampuan menginformasikan penerima didik pada mata pelajaran tertentu secara jelas.
Pada pepenilaianan proyek setidaknya ada 4 (empat) hal yang perlu diperberat sebelahkan, yaitu:
a.1) Pengelolaan
Kemampuan siswa dalam menentukan topik, mencari informasi, dan mengelola waktu pengumpulan data, serta penulisan laporan.
a.2) Relevansi
Topik, data, dan produk sesuai dengan KD.
a.3) Keaslian
Produk (misalnya laporan) yang dihasilkan siswa merupakan hasil karyanya, dengan memperberat sebelahkan bantuan guru berupa petunjuk dan pinjaman terhadap proyek siswa.
a.4) Inovasi dan kreativitas
Hasil proyek siswa terdapat unsur-unsur kebaruan dan menemukan sesuatu yang berbeda dari biasanya.
b. Teknik Pepenilaianan Proyek
Pepenilaianan proyek dilakukan mulai dari perencanaan, proses pengerjaan, hingga hasil final proyek. Untuk itu, guru perlu memutuskan hal-hal atau tahapan yang perlu dipenilaian, menyerupai penyusunan disain, pengumpulan data, analisis data, dan penyiapkan laporan tertulis. Laporan kiprah atau hasil penelitian juga sanggup disajikan dalam bentuk poster. Pelaksanaan pepenilaianan sanggup memakai alat/ instrumen pepenilaianan berupa daftar cek ataupun skala pepenilaianan.
Pepenilaianan Proyek dilakukan mulai dari perencanaan , proses pengerjaan hingga dengan final proyek. Untuk itu perlu memperhatikan hal-hal atau tahapan yang perlu dipenilaian. Pelaksanaan pepenilaianan sanggup juga memakai rating scale dan checklist.
a) Pengertian Pepenilaianan Produk
Pepenilaianan produk ialah pepenilaianan terhadap proses pembuatan dan kualitas suatu produk. Pepenilaianan produk mencakup pepenilaianan kemampuan penerima didik membuat produk-produk teknologi dan seni, seperti: makanan, pakaian, hasil karya seni (patung, lukisan, gambar), barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik, dan logam. Pengembangan produk mencakup 3 (tiga) tahap dan setiap tahap perlu diadakan pepenilaianan yaitu:
a.1) Tahap persiapan, meliputi: pepenilaianan kemampuan penerima didik dan merencanakan, menggali, dan membuatkan gagasan, dan mendesain produk.
a.2) Tahap pembuatan produk (proses), meliputi: pepenilaianan kemampuan penerima didik dalam menyeleksi dan memakai bahan, alat, dan teknik.
a.3) Tahap pepenilaianan produk (appraisal), meliputi: pepenilaianan produk yang dihasilkan penerima didik sesuai kriteria yang ditetapkan.
b) Teknik Pepenilaianan Produk
Pepenilaianan produk biasanya memakai cara holistik atau analitik.
b.1) Cara holistik, yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk, biasanya dilakukan pada tahap appraisal.
b.2) Cara analitik, yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya dilakukan terhadap tiruana kriteria yang terdapat pada tiruana tahap proses pengembangan.
Daftar Pustaka
Alexander, D. (2000). The learning that lies between play and acdingin dan damaiics in afterschool programs. National Institute on Out-of-School Time. Retrieved from http://www.niost.org/Publications/papers.
Admin.Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) [online]. Diakses di http://digilib.sunan-ampel.ac.id/files/disk1/151/hubptain-gdl-ellyikasus-7509-3-babii.pdf (17 Oktober 2011).
Barron, B., & Darling-Hammond, L. (2008). Teaching for meaningful learning: A review of research on inquiry-based and cooperative learning. Retrieved from http://www.edutopia.org/pdfs/edutopia-teaching-for-meaningful-learning.pdf.
Buck Institute for Education. Introduction to Project Based Learning. [Online].
Daniel K. Schneider. 2005. Project-based learning. [Online]. Diakses dihttp://edutechwiki.unige.ch/en/Project-based_learning
Florin, Suzanne. 2010. The Success of Project Based Learning. [Online]. Diakses di http://www.brighthub.com/education/k-12/articles/90553.aspx
Grant, M. (2009, April). Understanding projects in projectbased learning: A student’s perspective. Paper presented at Annual Meeting of the American Educational Research Association, San Diego, CA.
Lucas, George .(2005). Instructional Module Project Based Learning. http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Modul Pelatihan Kurikulum 2013, Jakarta:Kemdikbud
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Modul Pelatihan Kurikulum 2013, Jakarta:Kemdikbud.
Markham, T. (2003). Project-Based Learning Handbook (2nd ed.). Novato, CA: Buck Institute for Education.
Research summary: Project-based learning in middle grades mathematics. Retrieved from http://www.nmsa.org/Research/ResearchSummaries.
ResearchSummaries/ProjectBasedLearninginMath/tabid/1570/Default.aspx.
Savery, J. R. (2006). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9–20. Journal of Problem-Based Learning, 3(1), 12–43.
Advertisement