'/> Akreditasi Sd Mi Bukti Fisik Standar Kompetensi Lulusan Lengkap Sesuai Sispena Ban-Sm

Info Populer 2022

Akreditasi Sd Mi Bukti Fisik Standar Kompetensi Lulusan Lengkap Sesuai Sispena Ban-Sm

Akreditasi Sd Mi Bukti Fisik Standar Kompetensi Lulusan Lengkap Sesuai
Sispena Ban-Sm
Akreditasi Sd Mi Bukti Fisik Standar Kompetensi Lulusan Lengkap Sesuai
Sispena Ban-Sm

Akreditasi SD MI Bukti Fisik Standar Kompetensi Lulusan Lengkap sesuai SISPENA BAN-SM

 Akreditasi SD MI Bukti Fisik Standar Kompetensi Lulusan Lengkap sesuai SISPENA BAN Akreditasi SD MI Bukti Fisik Standar Kompetensi Lulusan Lengkap sesuai SISPENA BAN-SM

Kembali bejumpa dengan yang pastinya ingin merampungkan pembahasan mengenai Instrumen Akreditasi dan Bukti Fisik Akreditasi Standar Isi, Proses, SKL, PTK, Sapras, Pengelolaan, Pembiayaan dan Penilaian di urai pribadi dari Aplikasi Online SISPENA dari BAN-SM.

Untuk yang belum mendapat Bukti Fisik Akreditasi SD/MI Standar Isi dan Proses silahkan ikuti link berikut ini :
  • Bukti Fisik Akreditasi SD/MI Standar Isi berikut klarifikasi dan filenya KLIK DISINI
  • Bukti Fisik Akreditasi SD/MI Standar Proses berikut klarifikasi dan filenya KLIK DISINI
Kali ini mencoba menguraikan apa yang ada di Aplikasi SISPENA dan dilengkapi dengan tanggapan serta bukti fisik yang harus dilengkapi bahkan harus dibentuk bapak dan ibu.

Untuk Standar Kompetensi Lulusan ada 7 Instrumen yang harus dilengkapi dari urutan nomor 32, 33, 34, 35, 36, 37, dan 38. Ini sudah diubahsuaikan dengan JUKNIS Akreditasi Terbaru Tahun 2018.

Instrumen Nomor 32 Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mempunyai sikap yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, sesuai dengan perkembangan siswa yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran melalui pembiasaan: (1) integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran, (2) berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan, (3) santun dalam berbicara dan berperilaku, (4) Berpakaian sopan sesuai aturan sekolah/madrasah, (5) mengucapkan salam dikala masuk kelas, (6) melaksanakan kegiatan ibadah, (7) mensyukuri setiap nikmat yang diperoleh, (8) menumbuhkan sikap saling menolong/ berempati, (9) menghormati perbedaan, (10) antre dikala bergantian menggunakan akomodasi sekolah/madrasah.

Sekolah/madrasah memfasilitasi banyak sekali kegiatan untuk memotivasi siswa semoga mempunyai sikap dan membuatkan sikap orang beriman melalui adaptasi (budaya sekolah) dalam menghargai dan menghayati sesuai dengan pemikiran agama yang dianut, meliputi:
  • Integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran.
  • Berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan.
  • Santun dalam berbicara dan berperilaku.
  • Berpakaian sopan sesuai aturan sekolah/madrasah.
  • Mengucapkan salam dikala masuk kelas.
  • Melaksanakan kegiatan ibadah.
  • Mensyukuri setiap nikmat yang diperoleh.
  • Menumbuhkan sikap saling menolong/berempati
  • Menghormati perbedaan
  • Antre dikala bergantian menggunakan akomodasi sekolah/madrasah
Dibuktikan dengan Dokumen:
  • Program sekolah/madrasah melalui Rencana Kerja dan Pelaksanaan Program.
  • Foto-foto kegiatan yang mencerminkan sikap religius siswa.
  • Observasi lingkungan wacana kegiatan yang dilakukan oleh siswa baik dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
  • Wawancara dengan kepala sekolah/madrasah, guru, tenaga kependidikan, dan komite sekolah/madrasah.
  • Program Kerja Tahunan (RKT) Sekolah DOWNLOAD

Instrumen Nomor 33 Standar Kompetensi Lulusan Siswa mempunyai sikap yang mencerminkan sikap sosial dengan karakter: (1) jujur dan bertanggung jawab, (2) peduli, (3) gotong-royong dan demokratis, (4) percaya diri, (5) nasionalisme yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran dan pembiasaan
Sekolah/madrasah memfasilitasi banyak sekali kegiatan untuk menumbuhkan sikap sosial dengan huruf jujur dan bertanggungjawab, peduli, gotong-royong dan demokratis, percaya diri, serta nasionalisme:

Karakter Jujur dan Bertanggungjawab:
  1. Melaksanakan kiprah individu dengan baik
  2. Menerima risiko dari tindakan yang dilakukan
  3. Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
  4. Menepati janji
Karakter Peduli:
  1. Menumbuhkan sikap saling menolong antarsesama: membantu orang yang membutuhkan, menjenguk dan mendoakan orang yang sakit, dan lain-lain.
  2. Menumbuhkan sikap sadar lingkungan higienis dan sehat: membuang sampah pada tempatnya, memungut sampah yang dijumpai; menghemat penggunaan air dan listrik, penghijauan di lingkungan sekolah/madrasah, dan lain-lain.
Karakter Gotong Royong dan Demokratis:
  1. Melaksanakan kegiatan bantu-membantu antara lain: Penataan ruang kelas, bakti sosial, bank sampah yang bekerja sama dengan pihak terkait;
  2. Aktif dalam diskusi kelompok, pengembangan bakat, dan minat siswa;
  3. Mengikutsertakan siswa dalam penyusunan tata tertib sekolah/madrasah;
Karakter Percaya Diri:
  1. Mampu menciptakan keputusan dan bertindak dengan cepat
  2. Tidak gampang putus asa
  3. Berani presentasi, menjawab pertanyaan, berpendapat, dan bertanya dalam banyak sekali kesempatan
Karakter Nasionalisme:
  1. Menghargai dan menjaga keragaman dan kekayaan budaya bangsa
  2. Rela berkorban
  3. Disiplin dan taat hukum
Dibuktikan dengan Dokumen:
  • Rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan. 
  • Dokumentasi kegiatan. 
  • Jurnal siswa dan guru. 
  • Observasi kegiatan siswa terkait dengan pengembangan karakter. 
  • Wawancara dengan guru kelas dan siswa. 
  • Jurnal Siswa SD/MI Download DISINI
Download Jurnal Kelas 1 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Jurnal Kelas 4 SD K13 Revisi
Instrumen Nomor 34 Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mempunyai sikap yang mencerminkan sikap pembelajar sejati sepanjang hayat sesuai dengan perkembangan anak, yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran dan adaptasi melalui gerakan literasi sekolah/madrasah, meliputi: (1) perencanaan dan evaluasi acara literasi, (2) waktu yang cukup untuk kegiatan literasi, (3) membaca buku, (4) lomba terkait literasi, (5) memajang karya tulis, (6) penghargaan bersiklus untuk siswa, (7) training literasi.
Sekolah/madrasah mempunyai acara gerakan literasi yang mencerminkan sikap pembelajar sejati sepanjang hayat diwujudkan dalam kegiatan pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas, melalui adaptasi acara tersebut, mencakup : 
  • Perencanaan dan evaluasi acara literasi
  • Disediakan waktu yang cukup untuk kegiatan literasi.
  • Membaca/menulis buku dan bacaan lainnya di ruang baca/pojok baca/tempat yang tersedia.
  • Menyelenggarakan lomba yang terkait dengan literasi
  • Memajang karya tulis siswa (berupa puisi, artikel, biografi, sejarah, dan lain-lain) dan merotasi secara berkala.
  • Penghargaan terhadap prestasi siswa secara berkala.
  • Pelatihan wacana literasi
Dibuktikan dengan Dokumen:
  1. Rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan literasi.
  2. Dokumentasi kegiatan.
  3. Observasi kegiatan siswa terkait dengan pelaksanaan gerakan
  4. Wawancara dengan kepala sekolah/madrasah, guru, tenaga kependidikan, dan komite sekolah/madrasah.
  5. Download Buku Panduan Gerakan Literasi SD/MI
  6. Contoh Program Literasi Sekolah Rancangan Seimbang Strategi Pembelajaran

Instrumen Nomor 35 Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mempunyai sikap yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani melalui keterlibatan dalam kegiatan kesiswaan, berupa: (1) olahraga, (2) seni, (3) kepramukaan, (4) UKS, (5) keagamaan, (6) lomba yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohani
Untuk mempunyai sikap yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani, setiap siswa terlibat dalam seluruh kegiatan baik intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler melalui kegiatan kesiswaan, berupa:
  • Olah raga
  • Seni
  • Kepramukaan
  • UKS
  • Keagamaan
  • Lomba yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohani
Dibuktikan dengan Dokumen:
  1. Program, laporan, dan dokumentasi kegiatan kesiswaan
  2. Kehadiran siswa dalam pembelajaran
  3. Kegiatan ekstrakurikuler wajib maupun pilihan
  4. Prestasi dalam bidang olah raga dan seni
  5. Catatan perkembangan siswa dari guru PJOK, wali kelas, dan kepala sekolah/madrasah
  6. Observasi lingkungan sekolah yang mencakup kantin, UKS, dan kegiatan lain yang relevan.
  7. Download Aplikasi 

Instrumen Nomor 36 Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mempunyai pengetahuan: (1) faktual, (2) konseptual, (3) prosedural, (4) metakognitif dalam setiap tema sesuai dengan pembelajaran tematik terpadu
Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.

Dibuktikan dengan Dokumen:
  • Silabus setiap mata pelajaran
  • RPP setiap mata pelajaran
  • portofolio dan laporan kegiatan
  • penilaian
  • Observasi:
  • proses kegiatan pembelajaran di kelas atau di luar kelas
  • Sarana dan prasarana yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran

Instrumen Nomor 37 Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran yang ditunjukkan oleh kemampuan untuk melaksanakan kegiatan seni dan budaya lokal, meliputi: (1) kegiatan yang menawarkan keberagaman budaya, (2) peringatan hari-hari besar, (3) peringatan hari-hari besar agama, (4) pentas seni budaya, (5) bulan bahasa
Sekolah/madrasah memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman pembelajaran yang ditunjukkan oleh kemampuan untuk melaksanakan kegiatan seni dan budaya lokal, meliputi:
  • kegiatan yang menawarkan keberagaman budaya
  • peringatan hari-hari besar
  • peringatan hari-hari besar agama
  • pentas seni budaya
  • bulan bahasa
Dibuktikan dengan Dokumen:
  • Program sekolah
  • Laporan pelaksanaan kegiatan seni dan budaya lokal.
  • Observasi Proses pembelajaran kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

Instrumen Nomor 38 Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran menggunakan isu wacana lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber berguru berupa: (1) materi ajar, (2) buku teks, (3) perpustakaan, (4) alat peraga, (5) internet.
Sekolah/madrasah memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman pembelajaran menggunakan isu wacana lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber berguru berupa:
  • Bahan ajar
  • Buku teks
  • Perpustakaan
  • Alat peraga
  • Internet
Dibuktikan dengan Dokumen:
  • RPP yang memuat penugasan individu dan kelompok
  • Laporan kiprah dan kegiatan oleh siswa
  • Bahan dan alat Peraga (Lab Komputer, Lab Bahasa, Lab IPA)
  • Observasi proses pembelajaran di dalam dan luar kelas
  • Program Kerja LAB IPA Sekolah DOWNLOAD
  • Program Kerja LAB Komputer Sekolah DOWNLOAD
  • Program Kerja Perpustakaan Sekolah DOWNLOAD
  • Program Kerja Kesenian di Sekolah Download
  • Program Kerja LAB Bahasa Asing DOWNLOAD
Itulah kiranya isu mengenai "Akreditasi SD MI Bukti Fisik Standar Kompetensi Lulusan Lengkap sesuai SISPENA BAN-SM" Instrumen nomor 32, 33, 34, 35, 36, 37, dan 38 sesuai dengan Juknis Akreditasi Tahun 2018. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan.
Advertisement

Iklan Sidebar