PENGERTIAN METODE PENELITIAN KUALITATIF
Metode penelitian kualitatif yaitu sebuah cara/upaya lebih untuk menekunkan pada aspek pemahaman secara mendalam pada suatu permasalahan. Penelitian Kuanlitatif yaitu penelitian riset yang bersifat deskripsi, cenderung memakai analisis dan lebih menonjolkan peroses makna.Tujuan dari metode ini yaitu Pemahaman secara luas dan mendalam terhadap suatu permasalahan secara mendalam pada suatu permasalahan yang sedang dikaji atau akan di kaji. Dan data yang dikumpulkan lebih banyak huruf, kata ataupun gambar dari pada angka. wikipedia
CIRI-CIRI PENELITIAN KUALITATIF
Berikut pembahasannya Penelitian kualitatif yaitu penelitian wacana riset yang bersifat deskriptif dan cenderung memakai analisis. Biasa dilengkapi dengan makalah peneletian, proposal, judul penelitian juga terdapat beberapa jenis penelitian kualitatif yang akan kita bahas, berikut iniAdapun ciri pokok yang terdapat dalam metode penelitian kualitatif ada lima ciri, antara lain
Sumber data yang digunakan dalam penelitian kualitatif berupa lingkungan alamiah. Kajian utama dalam penelitian kualitatif yaitu peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kondisi dan situasi sosial.
Penelitian dilaksanakan ketika berinteraksi eksklusif dalam kawasan kejadian. Peneliti melaksanakan pengamatan, mencatat, mencari tahu, menggali sumber yang berkaitan dengan insiden yang sedang terjadi pada ketika itu.
Hasil yang didapat segera disusun ketika itu juga. Apa yang sudah diamati pada umumnya tidak lepas dari konteks lingkungan dimana insiden itu berlangsung.
2. Mempunyai sifat deskriptif analitik
Data yang didapat dari hasil pengamatan, wawancara, dokumentasi, analisis, catatan lapangan, disusun peneliti di lokasi penelitian, tidak dalam bentuk angka-angka. Peneliti melaksanakan analisis data dengan memperbanyak informasi, mencari kekerabatan ke banyak sekali sumber, membandingkan, dan menemukan hasil atas dasar data bahwasanya (tidak dalam bentuk angka).
Hasil analisis data tersebut berupa pemaparan yang berkenaan dengan situasi yang sedang diteliti dan disajikan dalam bentuk uraian narasi. Pemaparan data tersebut biasanya yaitu menjawab dari pertanyaan dalam rumusan problem yang sudah ditetapkan.
Data dan informasi yang diperlukan dalam penelitian kualitatif bersangkut paut dengan pertanyaan untuk mengungkapkan proses dan bukan dari hasil dari suatu kegiatan. Pertanyaan menuntut citra keadaan yang bahwasanya wacana kegiatan, prosedur, tahap-tahap, alasan-alasan dan interaksi yang terjadi dimana serta pada ketika dimana proses itu sedang berlangsung.
4. Bersifat induktif
Penelitian kualitatif diawali mulai dari lapangan yaitu fakta empiris, Peneliti terjun eksklusif ke TKP/lapangan, mempelajari suatu proses inovasi yang sedang terjadi secara alami dengan mencatat, menganalisis, melaporkan dan menarik kesimpulan dari proses berlangsungnya penelitian tersebut.
Hasil inovasi penelitian dari lapangan dalam bentuk konsep, prinsip, teori dikembangkan lagi, bukan dari teori yang telah ada. Penelitian kualitatif memakai proses induktif maksudnya dari data yang terpisah-pisah namun saling berkaitan bersahabat satu sama lain.
Penelitian kualitatif diawali mulai dari lapangan yaitu fakta empiris, Peneliti terjun eksklusif ke TKP/lapangan, mempelajari suatu proses inovasi yang sedang terjadi secara alami dengan mencatat, menganalisis, melaporkan dan menarik kesimpulan dari proses berlangsungnya penelitian tersebut.
Hasil inovasi penelitian dari lapangan dalam bentuk konsep, prinsip, teori dikembangkan lagi, bukan dari teori yang telah ada. Penelitian kualitatif memakai proses induktif maksudnya dari data yang terpisah-pisah namun saling berkaitan bersahabat satu sama lain.
5. Mengutamakan makna
Makna yang diungkapkan berkisar pada persepsi orang Dengan suatu insiden yang akan diteliti tersebut. Contoh: penelitian yang dilakukan wacana tugas kepala sekolah di dalam training guru. Peneliti memfokuskan perhatiannya pada pendapat kepala sekolah wacana guru yang dibinanya.
mencari informasi serta pandangan kepala sekolah wacana keberhasilan dan kegagalannya membina guru, apa saja yang dialami di dalam membina guru, mengapa gurun bisa gagal dibina, dan kenapa hal itu bisa terjadi?.
Selain mencari informasi kepada kepala sekolah, peneliti juga harus mencari informasi dari guru sebagai materi perbandingan agar sanggup diperoleh pandangan mengenai mutu training yang dilakukan oleh kepala sekolah. Ketepatan informasi dari partisipan diungkap oleh peneliti agar sanggup menginterpretasikan hasil penelitian secara sempurna dan benar.
Dapatkan juga : Contoh Proposal Penelitian tindakan kelas yang baik dan benar
Contoh Judul Penelitian Kualitatif
- Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Produk
- Analisis Nilai-Nilai Patriotisme
- Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Manajemen Mutu Pendidikan
- Cara Belajar Siswa Berprestasi
- Cara Belajar Siswa SD Dalam Menghadapi Ujian Nasional
- Eksploitasi Anak Jalanan
- Evaluasi Kebijakan Pendidikan Inklusif
- Gambaran Manajemen Pembelajaran PAI
- Kebiasaan Belajar Pada Siswa Berprestasi Di SD
- Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar
- Keefektifan Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengarang Melalui Kebiasaan Menulis Buku Harian
- Kesulitan Pemahaman Konsep Gaya Pelajaran IPA
- Kinerja Dan Profesionalisme Guru SD
- Kompetensi Global Guru Sekolah Dasar
- Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran
- Makna Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan
- Manajemen Keuangan Sekolah
- Metode Pembelajaran Yang Efektif Dalam Membentuk Karakter
- Metode Pembelajaran Yang Efektif Untuk Menyampaikan Materi Pecahan
- Minat Kegiatan Kepramukaan Siswa SD
- Model Pembelajaran Yang Efektif Dalam Pembelajaran
- Model Pemberian Tugas Pembelajaran Matematika
- Pelaksanaan Bimbingan Konseling Di SD
- Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Di SD
- Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pada Bahasan Trigonometri
- Pentingnya Keterampilan Membaca Bagi Siswa SD
- Pentingnya Semangat Kerja Karyawan Guna Meningkatkan Produktivitas
- Peran Guru Kelas Sebagai Fasilitator
- Peran Orang Tua Terhadap Anak Berprestasi
- Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Bidang Akademik
- Persepsi Guru Kelas Terhadap Pelaksanaan KTSP
- Persepsi Guru Matematika Terhadap Penggunaan Bahan Manipulatif
- Persepsi Guru Terhadap Penerapan Kurikulum KTSP
- Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Metode Inkuiri
- Persepsi Siswa Terhadap Peran Guru Bimbingan
- Persepsi Siswa Terhadap Pola Interaksi Guru Dalam Pembelajaran
- Pesan Dalam Tarian Topeng Panji Cirebon
- Pola Belajar Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional
- Pola Emosi Guru Dalam Menjalankan Tugas Di SD
- Profesionalisme Guru SD
- Profil Guru Yang Efektif Mendidik Siswa SD
- Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa
- Strategi Harian Tribun Timur Untuk Menjadi Surat Kabar Terpercaya Di Kota Makassar
- Teknik-Teknik Motivasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar
- Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD
- Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru
- Upaya Peningkatan Belajar Matematika Melalui Tugas Pekerjaan Rumah
- Variasi Keterampilan Mengajar Guru
Itulah kiranya yang bisa kami sampaikan mengenai Pengertian, Ciri dan Contoh Judul Penelitian Kualitatif. Semoga bermanfaat.
Advertisement